Popular Posts

Novel DASAMUKA


Novel Dasamuka
Setelah sebelumnya ia menulis novel berjudul "Glonggong" yang merupakan pemenang Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2006 dan finalis Khatulistiwa Literary Award 2008 dan novel  berjudul " Arumdalu" yang merupakan Nominee Khatulistiwa Literary Award 2010. Kini telah terbit novel ke-3 Junaedi Setiyono berjudul Dasamuka.


Novel Dasamuka merupakan Pemenang Unggulan Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta 2012. Novel ini memadukan elemen-elemen tradisi dan cerita rakyat dengan tema modern dan penokohan yang digarap secara canggih, sehingga terjadi jalinan yang serasi antara tradisi dan modernitas pada tataran bentuk maupun tematik.

Sinopsis Novel Dasamuka

" Pada Juni 1812, keraton Ngayogyakarta Hadiningrat diserbu dan dengan gampang di taklukkan oleh balatentara Inggris. Penguasanya, Sultan Hamengkubuwana II, ditawan, dan khasanah keraton dijarah dan diangkuti. Perampokan itu disaksikan dan dicatat oleh Willem, seorang bangsa Skot yang datang ke pulau Jawa karena tak hendak bunuh diri di Edinburgh sana.
Willem ternyata mampu untuk terus melanjutkan hidupnya di kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Hidup yang ingin segera diakhirinya. Alih-alih menemui kematian, akademisi dari Edinburgh University itu mengalami liku-liku kehidupan di bawah kekuasaan empat Sultan selama dua belas tahun dia berada di wilayah kesultanan.
Liku-liku kehidupan yang paling mendebarkannya adalah ketika dia dilibatkan dalam upaya pembunuhan Sultan Hamengkubuwono IV. Liku-liku kehidupan yang paling mengesankannya adalah pertemuannya dengan pemilik Puri Tegalreja, Kanjeng Pangeran Aria Dipanegara, sang pencetus Perang Jawa. 
Semua liku-liku kehidupan yang dijalaninya selama berada di tanah Jawa, sangat dipengaruhi oleh keberadaan seorang tokoh misterius yang dikenal dengan nama Dasamuka...